by

Malaysia vs Indonesia, Semakin Terbenam di Dasar Klasemen

KUALA LUMPUR – Tim nasional (timnas) Indonesia seolah hanya sebagai pelengkap di kualifikasi Piala Dunia 2022. Betapa tidak, dari lima laga yang telah dijalani pada penyisihan grup G, semuanya harus ditelan dengan kekalahan. Lagi-lagi datang dari rival abadinya, Malaysia.

Pada pertemuan pertama 5 September lalu, lalu skuat Garuda kalah 2-3 atas Malaysia. Kini, Greg Nwokolo dan kawa-kawan kembali menelan pil pahit saat menjalani laga tandang menghadapi tim berjuluk Harimau Malaya.

Berlaga di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (19/11) kemarin malam, Indonesia kalah dengan skor 0-2.

Dua gol kemenangan Harimau Malaya diciptakan oleh Safawi Rasid. Bertanding di hadapan puluhan ribu suporter Malaysia, skuat Garuda tampil agresif sejak peluit babak pertama berbunyi. Anak asuh Yeyen Tumena terus mencoba membangun serangan ke jantun pertahanan lawan. Indonesia mendapat peluang emas pada menit ke-20 lewat Febry Haryadi.

Berawal dari umpan terobosa Greg Nwokolo kpaa Febry. Sayang, Febry yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Malaysia tak mampu memanfaatkan peluang tersebut. Sepakan Febri masih mampu di blok oleh kiper Malaysia, Khairulazhan Bin Mohd Khalid.

Kiper pertama Malaysia itu sempat mendapatkan perawatan setelah serangan dari Indonesia tersebut dan akhirnya digantikan dengan Mohd Farizal Marlias di menit ke-22. Di tengah upaya mencetak gol perdana, Indonesia justru kebobolan lebih dulu di menit ke-30. Malaysia mampu mencetak gol melalui tendangan bebas yang dieksekusi oleh Safawi Rasid. Rasid melepaskan tendangan kaki kiri yang membuat bola meluncur ke kiri gawang Indonesia.

Enam menit berselang, Indonesia kembali mendapatkan peluang emas. Kali ini berawal dari tendangan bebas Febri Hariyadi di tengah lapangan, kemelut terjadi setelah sundulan Otavio Dutra berhasil ditepis oleh kiper Malaysia.

Yanto Basna dan Greg Nwokolo yang punya peluang melepaskan tendangan gagal mengantar bola masuk ke dalam gawang. Disisa laga paruh pertama Indonesia terus mecoba untuk memberika tekanan terhadap tim lawan. Namun, hingga turun minum skor 0-1 untuk keunggulan tuan rumah tetap bertahan.

Usai jeda, Malaysia lebih intens dalam melancarkan serangan ke pertahana Indonesia. Hal itu tak lepas dari pergantian pemain yang dilakukan pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe yang memasukkan Norshahrul Idlan menggantikan Akhyar Rashid.

Ya, Idlan terlihat efektif membantu serangan Malaysia bersama Sumareh dan Safawi. Hingga akhirnya, Malaysia kembali menambah keungulan pada menit ke-73. Lagi-lagi Safawi yang mencatatkan namanya di papan skor usai tendangan keras kaki kirinya dari sisi kiri gawang Indonesia setelah mampu melewati Yanto Basna gagal dihalau M Ridho.

Jelang waktu normal babak kedua selesai, Indonesia mendapat hadiah penalti setelah Febri dilanggar penjaga gawang Malaysia. Sayangnya kesempatan untuk memperkecil ketertinggalan itu tak dimanfaatkan dengan baik oleh Osas Saha. Sepakan pemain naturalasisi yang ditunjuk sebagai eksekutor itu berhasil ditangkap dengan baik oleh penjaga gawang Malaysia. Hingga akhirnya, skor 0-2 untuk kemenangan tuan rumah bertahan hingga laga usai.

Hasil ini menjadi kekalahan kedua atas Malaysia yang diterima Indonesia di babak kualfikasi Piala Dunia 2022 tersebut. Hasil ini menjadi kekalahan lima kali beruntun Indonesia di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 ini. Selain dua kali kekalahan atas Malaysia, Indonesia juga kalah atas Thailand (0-3), Uni Emirat Arab (0-5), dan Vietnam (1-3).

Indonesia masih berada di posisi juru kunci klasemen sementara dengan tanpa poin. Bahkan, kekalahan ini meghempaskan harapan Indonesia untuk bisa lolos ke babak selanjutnya.Sementara Malaysia naik ke peringkat kedua dengan koleksi sembilan poin. (zul/tgr/fin)