by

Menanti Duel Marquez Bersaudara di Honda

MADRID – Suasana hati Alex Marquez mulai berkecamuk setelah mendengar Jorge Lorenzo mengumumkan pengunduran dirinya dari MotoGP dan Repsol Honda, akhir pekan lalu. Juara Moto2 itu memahami situasi ini memberi sinyal bahwa ambisi sang kakak, Marc Marquez untuk mengajaknya bersaing di MotoGP telah di depan mata.

Senin (18/11) malam, Repsol Honda resmi mengumumkan kesepakatan kontrak bersama Alex Marquez. Pabrikan Jepang itu menyodorkan kontrak satu tahun kepada pebalap 23 tahun yang baru saja menjadi juara dunia Moto2 2019.

“Honda Racing Corporation (HRC) dengan bangga mengumumkan kontrak bersama Alex Marquez. Pembalap muda Spanyol itu akan bergabung dengan Tim Repsol Honda dengan kontrak satu tahun,” tulis siaran resmi HRC, dini hari kemarin.

Sementara Manajer tim, Alberto Puig, membantah rumor yang menyebutkan pemilihan Alex karena desakan sang juara dunia, Marc Marquez. Ia memastikan, Honda memilihnya karena prestasi. “Pertimbangan kami karena prestasi. Itu alasan utamanya. Sudah sepantasnya seorang juara dunia Moto2 naik kasta. Ini menjadi pertimbangan kami kami untuk merekrutnya,” ujar Puig, seperti dikutip Crash.

“Kami tak mau kekosongan (setelah ditinggalkan Lorenzo-red) dibiarkan begitu lama. (Alex) pun masih muda dan kami percaya dia mampu bersaing di kelas ini. Jadi, kami yakin, nama belakang-nya (Marquez) bukanlah faktor utama kami,” sambung Puig.

Mantan rider Honda era 80-an itu menyebut Marc turut senang atas keputusan itu, sembari menegaskan bahwa sang kakak tak dilibatkan dalam pemilihan Alex sebagai partnernya. “Tidak ada nama Marc dalam pemilihan partner-nya,” ujar Puig.

Kendati demikian, persaingan kakak beradik itu bukan hal yang tak mungkin. Ada kemungkinan Marc dan Alex Marquez akan menjadi rival abadi di MotoGP. Terlebih, sang kakak yang telah menghimpun delapan kali juara itu tak mau membiarkan Alex menang atau meraih pole position sekalipun.

“Ada kemungkinan ke sana (rival), sampai sekarang tak ada kakak-adik yang berada di tim yang sama di MotoGP. Alex akan mengganggu Marc untuk meraih juara,” ujar Puig.

Sebelumnya, Marc bersikeras bahwa dirinya tak akan campur tangan dalam rekomendasi tandemnya dalam gelaran MotoGP tahun depan. Tapi kenyataanya, pihak Honda punya perhitungan yang matang. Ini bukan soal problem bisnis, melainkan Honda ingin membuat Marc bahagia mengaspal di musim depan.

Dilansir dari Crash, Alex akan berkolaborasi bersama sang kakak mengaspal bersama tunggangan barunya, Honda RC213V. Alex menjadi debutan ketiga yang mendapat promosi ke Grand Prix, seiring dengan kedatangan Iker Lecuona di Red Bull KTM Tech 3 dan Brad Binder yang dikontrak Red Bull KTM Factory Racing.

“Ini bukan situasi yang mudah bagi Alex yang telah lama tampil sendiri tanpa bayang-bayang prestasi sang kakak. Musim 2020, performa Alex akan selalu dibanding-bandingkan­ dengan sang kakak setiap hari,” tulis Crash, kemarin.

Kedatangan Alex juga membuat line up MotoGP 2020 kini sudah lengkap. Kini, 11 tim telah mendapat skuat pebalapnya menjelang musim dingin. Seluruh tim mulai berlatih dan mengoptimalkan waktu yang ada demi menyambut musim baru. (fin/zul/tgr)