by

Jalan Kabupaten Putus karena Longsor, Dua Desa di Brebes Terancam Terisolasi

SIRAMPOG – Tanah longsor di Dukuh Karangdadap Desa Kalilangkap Kecamaran Sirampog Kabupaten Brebes, Sabtu (23/11) pukul 23.00 WIB, memutuskan ruas jalan Kabupaten Kaliloka-Plompong. Longsoran ini menggerus badan jalan sepanjang 27 meter dan ketinggian 15 meter.

Kepala Desa Kaliloka Nanang Hakim mengatakan saat longsor terjadi justru tidak sedang turun hujan. “Hanya saja beberapa hari sebelumnya, memang turun hujan deras. Selain itu juga kondisi tanah labil serta terdapat sumber mata air,” ungkapnya, Minggu (24/11).

Selain sebagai jalan penghubung Desa Kaliloka ke Desa Plompong, papar Kades, ruas tersebut merupakan jalan poros yang biasa digunakan warga menuju ke Bumiayu dan Paguyangan. “Sementara ini putus total, termasuk juga pipa sarana air bersih yang ikut terputus.”

Bagian Binamarga UPTD PU Wilayah Bumiayu Siswanto merinci longsor menggerus 27 meter badan jalan dengan lebar 5 mater. Adapun jarak longsor mencapai 100 meter.

“Hilir longsor merupakan aliran Sungai Keruh, sedangkan tanah di sekitarnya cukup labil,” jelasnya.

Saat ini Pemdes Kaliloka dan Plompong bersama warga masyarakat di dua desa, anggota TNI/Polri, serta sejumlah relawan tengah mengupayakan pembangunan jalan darurat di sisi utara ruas jalan yang longsor. “Ini upaya darurat untuk membuka akses bagi masyarakat,” imbuh Siswanto. *(pri/zul)