by

Enam Manfaat Susu Kedelai, Wanita Wajib Tahu!

TEGAL – Susu kedelai kerap dipilih sebagai alternatif pengganti susu, terutama pada orang yang alergi susu sapi atau penganut pola makan tanpa daging dan produk olahannya alias vegan. Manfaat susu kedelai memang sangat beragam bagi kesehatan, termasuk bagi ibu hamil dan menyusui.

Dikutip Sehatq, susu kedelai pada dasarnya adalah kacang kedelai yang direbus, dihancurkan, kemudian dilarutkan dengan air. Satu gelas susu kedelai (tanpa pemanis) memiliki kandungan antara lain 80-100 kalori, 4 gram karbohidrat, 4 gram lemak, dan 7 gram protein.

Dibanding susu sapi, susu kedelai tidak mengandung kolesterol, rendah lemak jenuh, serta tidak mengantung laktosa. Hal ini membuat manfaat susu kedelai dapat dirasakan oleh siapa saja, terutama bagi penderita tekanan darah tinggi.

Kedelai sendiri mengandung serat prebiotik dan beberapa fitokimia (senyawa kimia yang terdapat pada tumbuhan), seperti plant sterols dan isoflavon yang sangat bermanfaat bagi manusia. Kandungan fitokimia ini membuat manfaat susu kedelai mirip dengan manfaat kedelai itu sendiri, antara lain sebagai berikut.

1. Menurunkan kolesterol

Manfaat susu kedelai yang pertama adalah dipercaya menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang terkandung dalam darah sekaligus menaikkan kadar kolesterol baik (HDL). Efek ini dipengaruhi oleh kandungan serat yang terdapat pada kedelai.

2. Meningkatkan kesuburan

Mengonsumsi berbagai produk yang terbuat dari kedelai, termasuk susu kedelai, dipercaya dapat meningkatkan kesuburan bagi wanita. Inilah sebabnya wanita sering disarankan untuk mengonsumsi susu kedelai sebelum menikah atau ketika sedang menjalani program hamil agar cepat mengandung.

3. Mengurangi gejala menopause

Ketika wanita memasuki masa menopause, kadar estrogen dalam tubuh akan berkurang sehingga menimbulkan gejala seperti kegerahan (hot flashes) dan wajah memerah. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya mengonsumsi susu kedelai yang memiliki kandungan isoflavon untuk menambah estrogen pada wanita.

4. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam susu kedelai berpotensi mencegah kanker jenis tertentu. Antioksidan ini terbukti menurunkan risiko wanita terkena kanker payudara, terutama pada masa pramenopause maupun menopause.

5. Memaksimalkan fungsi sel darah merah

Susu kedelai mengandung 1,1 mg zat besi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan 8-18 mg zat besi dalam satu hari. Zat besi dapat membuat sel darah merah mampu melakukan tugasnya untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh dengan lebih lancar.

6. Menyehatkan sistem saraf

Manfaat susu kedelai yang satu ini berhubungan dengan kandungan vitamin B-kompleks. Satu gelas susu kedelai mengandung 3 mcg vitamin B12 atau lebih dari jumlah kebutuhan harian yang hanya 2,4 mcg. (heq/zul)