by

Buang Sampah Sembarangan di Tegal Bisa Didenda Rp125 Ribu sampai Rp250 Juta

TEGAL – Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal terus menggencarkan sosialisasi tentang denda bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Sesuai Perda Nomor 4/2019 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis, sanksi denda membuang sampah sembarangan berkisar Rp125 ribu hingga Rp250 juta.

Kepala DLH Kota Tegal Resti Drijo Prihanto menjelaskan, digencarkannya Perda 4/2019 bertujuan agar masyarakat memahami perubahan paradigma pengelolaan sampah. Menurutnya, pengolahan yang semula bertumpu pada end of pipe atau pengolahan akhir sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) menjadi pengelolaan sampah sejak dari sumbernya.

“Caranya, dengan memilah sampah dan pengelolaan dengan prinsip reduce, reuse, dan recycle,” ungkap Resti, kemarin.

Melalui upaya tersebut, diharapkan merubah pandangan masyarakat dengan tidak lagi menganggap sampah hanya sebagai sesuatu yang tidak berguna. Namun, sampah bisa menjadi barang yang memiliki nilai manfaat dan ekonomis jika dikelola dan diolah dengan baik dan benar.

Sehingga, dalam penjabaran perda tersebut diatur tentang sanksi dan denda bagi masyarakat yang tidak tertib dalam mengelola sampah agar tercipta kedisiplinan.

Kasi Pengelolaan Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Andry Hendratmoko menambahkan, untuk mengoptimalkan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang Perda 4/2019, Dinasnya menghadirkan narasumber dari DLH, Bagian Hukum, dan Satpol PP Kota Tegal. Kemudian, untuk peserta sosialisasi meliputi Lurah, Ketua RW, LPMK, tokoh masyarakat dan tokoh agama di empat kecamatan serta Kapolsek dan Danramil.

“Targetnya, jika masyarakat sudah memahami tentang pengelolaan sampah maka tidak kaget dengan sanksi denda atas pelanggaran membuang sampah sembarangan,” imbuhnya. (syf/zul/fin)