by

Akan Dipercantik, Pantai Alam Indah Digelontor DAK Rp1,87 Miliar

banner 300250

TEGAL – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Tegal menyatakan, Kementerian Pariwisata sudah mengucurkan Dana Alokasi Khusus senilai Rp1,87 miliar untuk mengembangkan potensi Obyek Wisata Pantai Alam Indah (PAI). DAK tersebut, digunakan untuk pengembangan sarpras dan fasilitas umum di kawasan obyek wisata andalan Kota Bahari yang direalisasikan tahun ini.

Kepala Dinporapar Kota Tegal, Cucuk Daryanto menyampaikan, optimalisasi penataan OW PAI menjadi prioritas pembangunan infrastruktur yang ditarget bisa mendongkrak PAD retribusi. Sebab, sebagai destinasi wisata andalan di Kota Bahari potensi wisata PAI akan lebih dikembangkan dengan ketersediaan sarpras dan fasilitas umum bagi wisatawan.

Namun, terkait konsep dan spesifikasi fokus penataan masih dalam proses pembahasan dengan semua instansi terkait untuk lebih mematangkan perencanaan. “Penyempurnaan OW PAI, menjadi komitmen Pemkot Tegal dalam memacu ketersediaan sarpras dan fasilitas umum sebagai salah satu aset sumber PAD,” jelasnya.

Tidak hanya fokus pengembangan potensi PAI, lanjut Cucuk, pihaknya juga masih akan terus mengoptimalkan ketersediaan fasilitas dan sarpras umum yang menjadi tanggung jawab Dinporapar. Di antaranya, pemasangan tembok keliling Gelanggang Olah Raga (GOR) Tegal Selatan yang dianggarkan dari APBD II sebesar Rp1,2 miliar.

Selain itu, penyempurnaan Gedung Serba Guna (GSG) di Jalan Setia Budi juga akan segera dilakukan untuk pelayanan publik. Sekretaris Dinporapar Hartoto menambahkan selain merealisasikan ketersediaan fasilitas dan sarpras umum Dinporapar juga masih terus melakukan pembinaan.

Yakni, pendampingan di bidang olah raga melalui penjaringan atlet berpotensi dan berprestasi, pembinaan semua cabor dengan memfasilitasi kompetensi berjenjang. Termasuk, penguatan pembentukan karakter generasi muda bidang kepemudaan sebagai leading sektor. (syf/ela/zul)

banner 300250

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed