by

Oknum Kades, Kena Operasi Tangkap Tangan

banner 300250

SLAWI – Satreskrim Polres Tegal melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap dua orang karena diduga melakukan pemerasan terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Tegal. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Hery Suhartono menegaskan tidak ada anak buahnya yang ikut ditangkap dalam OTT, Rabu (27/2) itu.

“Yang perlu saya sampaikan dan luruskan tidak ada PNS khususnya dari DPU yang kena OTT,” kata Hery di Mapolres Tegal, Kamis (28/2).

Hery mendatangi Polres Tegal untuk dimintai keterangan sebagai saksi bersama Kabid Jalan DPU Munadi, dan seorang staf DPU menyusul penangkapan terhadap dua orang, yakni Mohammad Zaenudin (32) Kepala Desa Kedungjati Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal, dan Rizal Iskandar (36) warga Desa Grogol Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon.

“Kalau dari kami hanya dimintai keterangan atas kejadian yang selama ini kita lakukan. Antara lain teman-teman, termasuk saya, bertemu dua orang tersebut (tersangka). Apakah kegiatan itu pemerasan atau tidak, yang menyimpulkan penyidik,” tandas Hery.

Hery membenarkan para tersangka menekan dan meminta sejumlah uang. Namun ia kembali mengatakan tidak mengetahui maksud tindakan para tersangka tersebut.

“Kita juga belum pernah tanya yang bersangkutan, motifnya, kepenginnya apa. Justru kami kepengin tahu juga dari hasil penyidikan polisi,” ujarnya.

Terkait dua tersangka yang ditangkap, Hery mengaku hanya mengetahui salah satunya merupakan warga Kabupaten Tegal. Sementara satu tersangka lainnya disebut Hery mengaku bisa menghentikan kasus yang tengah ditangani KPK.

“Yang satunya itu (Rizal Iskandar) mengaku bawa dia bisa menghentikan kasus-kasus yang sedang meluncur ke KPK. Dia tidak mengaku sebagai siapa, orang mana, saya tidak menanyakan itu. Saya tidak terlalu paham,” ucapnya.

ā€ˇSebelumnya diberitakan, Satreskrim Polres Tegal melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terkait dugaan pemerasan terhadap PNS DPU Kabupaten Tegal dan rekanan yang mengerjakan sebuah proyek infrastruktur di Kabupaten Tegal. Dua orang ditangkap dan uang Rp100 juta diamankan.

OTT tersebut dilakukan di Rabu (27/2) siang. Satu dari dua orang yang ditangkap yakni Mohammad Zaenudin (32) yang diketahui merupakan Kepala Desa Kedungjati Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Sedangkan satu orang lainnya adalah Rizal Iskandar (36) warga Desa Grogol Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon.

Kronologis penangkapan bermula saat polisi menerima laporan dari korban terkait dugaan pemerasan yang dilakukan dua tersangka. Laporan itu kemudian ditindaklanjuti dengan penangkapan terhadap tersangka Mohammad Zaenudin di sebuah warung makan di depan SMAN 3 Slawi sekira pukul 12.30 WIB.

Oknum kades itu ditangkap saat menerima penyerahan uang sebesar Rp100 juta dari rekanan yang diperas olehnya bersama tersangka Rizal Iskandar. Saat diserahkan, uang dalam bentuk pecahan Rp100 ribu itu dibungkus plastik kresek berwana hitam.

Setelah penangkapan Mohammad Zaenudin, polisi kemudian melakukan pengembangan dan kemudian menangkap tersangka Rizal Iskandar di warung sate ayam Bang Dul, depan exit tol Kalimati Kecamatan Adiwerna sekira pukul 14.00 WIB. Penangkapan itu berhasil dilakukan setelah tersangka dipancing bahwa Zaenudin akan menyerahkan uang yang sudah diterima dari korban. (far/zul)

banner 300250

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed